Visi dan Misi

Visi dan Misi

Visi

Menuju program studi doktor di bidang ilmu ekonomi yang berstandar internasional dengan tetap memperhatikan nilai – nilai  lokal dalam mengembangkan ilmu pengetahuan untuk meningkatkan kualitas hidup bangsa.

Misi

  1. meningkatkan peran serta program studi doktor ilmu ekonomi dalam menghasilkan sumber daya manusia yang memiliki kemampuan intelektual, kemampuan profesionalitas yang tinggi,  birokrat yang berintegritas, berstandar internasional, dan berkarakter trikarma trisakti melalui kegiatan pendidikan dan pengajaran
  2. Meningkatkan kegiatan penelitian untuk mengembangkan ilmu pengetahuan berbasis nilai-nilai lokal dan internasional guna menjawab permasalahan nasional dan meningkatkan kualitas hidup dan peradaban.
  3. meningkatkan peran serta program doktor ilmu ekonomi dalam mendukung kebutuhan masyarakat, pemerintah  dan industri melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat untuk memperkuat kemampuan intelektual, kemampuan profesionalitas yang tinggi dan  birokrat yang berintegritas.

Tujuan

  1. Mewujudkan visi, misi dan tujuan melalui peningkatan pemahaman oleh pemangku kepentingan dan menjadikannya sebagai pedoman penyelenggaraan tridharma perguruan tinggi.
  1. Menghasilkan lulusan program doktor ilmu ekonomi yang memiliki kompetensi di bidang ekonomi khususnya ilmu ekonomi pembangunan berkelanjutan, jasa dan akuntansi serta syariah.  
  2. Meningkatkan kualifikasi dan kompetensi sumber daya manusia yang berstandar Internasional guna meningkatkan daya saing bangsa.
  3. Mewujudkan budaya akademik yang memacu pengembangan diri melalui proses penyelenggaraan tridharma yang produktif, efektif dan efisien serta ikut membangun masyarakat adab (civil society).
  4. Meningkatkan sistem pengelolaan, kualitas, dan ketersediaan sarana prasarana, dana, dan sistem informasi, untuk mendukung terlaksananya tridharma perguruan tinggi.
  5. Memantapkan budaya meneliti, publikasi ilmiah, dan menyumbangkan karya nyata yang bermanfaat kepada masyarakat, bangsa dan negara untuk meningkatkan kualitas hidup dan peradaban.
  6. Mengembangkan kemitraan dengan lembaga pendidikan tinggi lain, asosiasi profesi, dunia industri, pemerintah dan masyarakat dalam dan luar negeri.

Sasaran

  1. Agar Visi misi dipahami oleh pemangku kepentingan dan dapat dijadikan pedoman dalam penyelenggaraan tridharma pada program studi doktor ilmu ekonomi.
  2. Tercapainya akreditasi A standar BAN PT untuk program studi doktor ilmu ekonomi serta mendapat status akreditasi internasional dengan dukungan tata pamong program studi yang partisipatif, andal, kredibel, transparan, akuntabel, bertanggung jawab, adil, berstandar ISO, penerapan manajemen mutu secara berkesinambungan dan konsisten untuk mendukung pencapaian visi, misi, tujuan dan sasaran.
  3. Meningkatkan jumlah lulusan tepat waktu dengan IPK rata-rata diatas 3,5.
  4. Dihasilkannya lulusan yang berkarakter trikarma trisakti dan berdaya saing tinggi, baik didalam maupun luar negeri.
  5. Tercapainya kepuasan tenaga kependidikan dan non kependidikan melalui pemberian kompensasi, peluang pengembangan kompetensi dan aktualisasi diri, serta dikaitkannya hasil penilaian prestasi kerja dengan pemberian penghargaan dan sanksi (bonus, peserta pelatihan, promosi, teguran, demosi) dalam rangka meningkatkan motivasi kerja, budaya dan etos kerja, keterbukaan dan kolegialitas.
  6. Tercapainya proses pembelajaran yang produktif, efektif, dan efisien yang berbasis pada Student Centered Learning dan terlaksananya program pertukaran dan kerjasama mahasiswa antar universitas di dalam dan luar negeri
  7. Tersedianya sarana dan prasarana pendukung pendidikan.
  8. Terciptanya suasana akademik yang kondusif melalui kurikulum yang memenuhi Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia, berbasis kearifan lokal, memenuhi tuntutan kebutuhan pasar dan prasyarat ilmu pengetahuan untuk membangun masyarakat.
  9. Tersedia sarana System Informasi dan e-Learning yang selalu terbaharui baik substansi maupun sarana pendukungnya.
  10. Tersedia sarana prasarana kegiatan Tridharma yang meliputi ruang diskusi/ ruang seminar, fasilitas praktikum dan perpustakaan yang berstandar dan/atau bersertifikasi internasional yang dapat diakses untuk kepentingan civitas akademika.
  11. Tersedianya kecukupan dana dari sumber utama dan berbagai sumber tambahan dari dalam prodi/Fakultas  termasuk badan afiliasi, maupun luar prodi/Fakultas, guna kelangsungan dan peningkatan mutu penyelenggara Tridharma PT, serta tersedianya dana sebesar 1% dari pendapatan untuk pemberian beasiswa dan pembangunan masyarakat di sekitar kampus.
  12. Terlaksananya kerjasama di bidang Tridharma dengan 2 prodi yang termasuk dalam 500 Prodi terbaik dunia dan kerjasama penelitian minimal dengan 2 perusahaan industri/instansi pemerintah yang berbeda yang hasilnya akan dipublikasikan dalam jurnal internasional.
  13. Memberikan hasil kerja nyata dan pelatihan bagi pengembangan sumber daya regional di daerah binaan program studi/Fakultas Ekonomi.
  14. Dihasilkannya publikasi ilmiah sebanyak 1 karya ilmiah Nasional terakreditasi atau 1 karya ilmiah internasional per dosen per 2 tahun.